Mau dibawa kemana??

11 April 2012



Masa depan pendidikan di Indonesia, mau dibawa kemana??

Waw, serius sekali nampaknya tulisan saya kali ini.. hiihii..
yah jadi ini efek denger curhatannya si emak gara2 nonton berita soal "Murid yang menggantikan peran guru"..
Muridnya disuruh bacain buku di depan kelas, buat dicatat sama temen2nya yang lain. Nah, gurunya entah pergi kemana.. Hadeeh.. Emak curhat deh soal SDnya si adek dulu yang pakar sekali soal narik pungli2 dan "uang terima kasih"..

Mungkin bukan rahasia umum lagi soal "uang terima kasih"  yang terjadi di SD tsb.
Coba bayangkan buat masuk SD aja udah ada yang kayak gituan.
Miris sekali dengernya kan?!
Adek juga sempat kena. tapi dimintain uangnya setelah lulus. Gara2nya ada guru (yang juga tetangga) mengklaim kalo adek bisa diterima karena dia. Alhasil dimintalah sejumlah uang. Coba, Gimana murid2nya bisa "Baik" kalo dididik oleh Guru yang sudah bermental "tidak baik".
Belum lagi soal pungli. Pas adek mau kelulusan kelas 6, setiap murid diminta menyumbang uang buat beli komputer. Waktu itu bapak bilang ke adek buat minta kuitansi bukti pembayaran (biar keliatan kalo pungutan itu memang resmi). Eh, pihak sekolah rupanya nolak buat ngasih kuitansi. Akhirnya Bapak bikin laporan ke Walikota soal adanya pungutan dari sekolah dan langsung ditanggapi dengan dipanggilnya pihak sekolah. Hasilnya, pungutan tersebut dibatalkan. hehehe.. Tapi imbasnya ke si adek.. Dia jadi ga enak karena disindir2 trus di sekolah..

Itu baru setingkat SD ya, belum lagi yang terjadi di SMP, SMA.. Yang namanya bribery biar bisa lulus diterima itu dah diketahui khalayak ramai.. Walaupun mungkin ga semua Sekolah melakukan itu ya.. Dan itu pun mungkin hanya oknum2 pihak sekolah tertentu.. Saya yakin masih banyak yang idealis.. seperti guru2 saya dulu :D

Jadi yang namanya masalah pendidikan di Indonesia, bukan melulu soal fasilitas sekolah yang jauh dari kelayakan tapi juga soal moral dari pihak yang terlibat di pendidikan itu sendiri.

Entah dengan adanya BOS (program lainnya yang "menggratiskan" biaya sekolah) dan naiknya "penghasilan" guru yang bersertifikat bisa berhasil mengatasi masalah itu atau tidak.. Mungkin jawabannya tidak.. Karena saya masih mendengar selentingan kabar soal "anak yg dikenal pintar" tergeser posisinya gara2 oknum yang meluluskan anak yang orang tuanya mau dan mampu membayar untuk kelulusan itu.

Sepertinya benar apa yang dikatakan teman saya, Indonesia ini perlu di-restart..
Tapi mau mulai dari mana ya??
Mulailah dari diri sendiri (kata seorang ustad), mulailah untuk jujur dan tidak curang, mulailah bersyukur dengan berapa pun penghasilan yang kita terima.

Wah, bijak sekali ya saya :P

0 comments:

Posting Komentar